RPP SMP Bahasa Mandarin



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                    : SMP
Mata Pelajaran          : Bahasa Mandarin
Materi Pokok            : Memperoleh informasi dari berbagai bentuk bacana lisan sederhana secara tepat
Kelas / Semester       : VII / 1
Tahun Ajaran            : 2017 - 2018
Alokasi waktu           : 2 x 45menit

A.                                                                                                                         STANDART KOMPETENSI   : MENDENGARKAN
 Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas Diri
B.    KOMPETENSI DASAR                 : 1.1   Mengidentifikasi bunyi/nada Hanyu Pinyin, ujaran (kata, frase atau kalimat) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat.
1.2   Memperoleh informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat.
C.    INDIKATOR                                 :    KD 1
§  Mengidentifikasi yunmu (Final) dan shengmu (Inisial)
§  Mengidentifikasi shengdiao (nada) dan biandiao (perubahan nada)
§  Mengidentifikasi qingsheng (nada netral)
§  Membedakan bunyi Hanzi dari kosakata yang mirip
§  Memahami kalimat sederhana
§  Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan.
§  Menentukan informasi tertentu atau kata kunci dari wacana lisan
§  Menentukan informasi rinci dari wacana lisan.
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN          :  Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu mendengarkan dan mengucapkan bunyi Hanyu Pinyin / Hanzi dengan tepat; mampu mengidentifikasi yunmu, shengmu, shengdiao, biandiao, qingsheng; memahami kalimat sederhana dengan menunjukkan semua informasi yang terkandung di dalamnya.
E.    MATERI PEMBELAJARAN           :  Hanyu Pinyin dan kosakata; wacana yang memuat kosakata pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema.
F.    MODEL PEMBELAJARAN            :  Mendengarkan dan menirukan bunyi Hanyu Pinyin, hanzi.
Tanya – jawab, demontrasi.
G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN      :
PERTEMUAN 1. Kegiatan pendahuluan
(2      JP)             -Memberi motivasi dalam tahun pembelajaran yang baru.
-          Mengulang/mereview pelajaran yang pernah diperoleh.

Kegiatan inti

-       Menjelaskan lafal dan arti kosa kata.
-       Menjelaskan/memperagakan/mendengarkan bunyi kalimat dalam intonasi yang benar.
-       Melatih mengidentifikasi bunyi kalimat serta memahami artinya.

Kegiatan penutup

-          Memberikan materi latihan.
PERTEMUAN 2. Kegiatan pendahuluan
(2      JP)           -Mengingat kembali pelajaran yang pernah diberikan pada pertemuan yang lalu.

Kegiatan inti

-          Menjelaskan/melatih mengidentifikasi bunyi kata dengan menuliskan Hanyu Pinyin dan membubuhkan tanda nada yang tepat.
-          Mengidentifikasi huruf-huruf yang bersuara dasar sama namun berbeda nada dan artinya.

Kegiatan penutup

-          Memberi materi latihan kosa kata dan kalimat sederhana.
PERTEMUAN 3. Kegiatan pendahuluan
(2      JP)                  -Mengingat kembali pelajaran yang lalu.
          Memberi materi latihan dan tugas berupa percakapan secara lisan.

H.    SUMBER PEMBELAJARAN       :    - Buku paket PPSA Xin Zhong.
- Hanyu Jiaocheng dari Universitas Bahasa Beijing.
- Materi bahasa mandarin lainnya.
I.     PENILAIAN                               :
Teknik                   : Lisan dan tulisan.
Bentuk instrumen   : Tugas individu dan ulangan blok.
Contoh instrumen   : Menulis hanzi dan pinyin setelah mendengar bunyinya.
Mengidentifikasi / menentukan tanda nada aksara melalui mendengarkan bunyinya.
Menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks dialog yang didengar.


Surabaya, 11 Juli 2017
Memeriksa / menyetujui
Kepala sekolah,                                                                                                         Guru Bahasa Mandarin




(...............................)                                                                                                                                        ( ................................. )
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                 : SMP
Mata Pelajaran        : Bahasa Mandarin
Materi Pokok         : Lafal Hanyu pinyin, nada aksara, kosakata, kalimat sederhana, dialog tentang identitas diri  
Kelas / Semester     : VII / 1
Tahun Ajaran          : 2017 - 2018
Alokasi waktu        : 2 x 45menit (dalam satu pertemuan)

A.       STANDART KOMPETENSI           : BERBICARA
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri.
B.    KOMPETENSI DASAR                 : 2.1   Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal Hanyu pinyin yang tepat  dalam kalimat sederhana sesuai kon teks, yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
2.2   Melakukan dialog sederhana, dengan lancar,  yang mencer minkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat.
C.    INDIKATOR                                 :  KD 1
§  Mengucapkan kata-kata yang telah dipelajari dengan bunyi yunmu, shengmu yang tepat
§  Melafalkan songqi dan bu songqi (bunyi beraspirasi dan tak beraspirasi)
§  Melafalkan pingsheyin (bunyi blade alveolar) dan qiaosheyin (blade palatal)
§  Mengucapkan kata-kata yang telah dipelajari dengan shengdiao yang tepat
§  Melafalkan bunyi er dan akhiran -r dengan tepat dalam teks lisan.
§  Melafalkan Hanzi/kata/ frase dengan tepat.
§  Memilih jawaban yang benar sesuai konteks.
§  Menjawab dengan benar sesuai konteks
§  Menyampaikan informasi sederhana sesuai materi
KD 2
§ Mengajukan pertanyaan sesuai konteks.
§ Menjawab pertanyaan sesuai konteks
§ Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
§ Melakukan percakapan sesuai konteks.
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN          :  Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu dan dapat menirukan/menyuarakan bunyi Hanyu Pinyin / Hanzi dengan tepat.
E.    MATERI PEMBELAJARAN           :  Lafal Hanyu pinyin, nada aksara, kosakata, kalimat sederhana, dialog tentang identitas diri.
F.    MODEL PEMBELAJARAN            :  Mendengarkan dan menirukan bunyi Hanyu Pinyin, hanzi.
                                                              Latihan Soal
Tanya – jawab, demontrasi.

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN      :
PERTEMUAN 1. Kegiatan pendahuluan
(2      JP)           - Mengulang/mereview pelajaran yang pernah diperoleh.
-          Mengingat kembali tentang lafal Hanyu Pinyin, kosa kata dan kalimat yang telah dipelajari.

Kegiatan inti

-          Mendengarkan bunyi hanyu pinyin, shengmu, yunmu dan shengdiao yang tepat.
-          Peragaan melafalkan kata-kata dan kalimat.
-          Melatih mengidentifikasi bunyi kalimat serta memahami artinya.

Kegiatan penutup

-          Memberi materi tugas menghafal kosa kata dan kalimat sederhana.

PERTEMUAN 2. Kegiatan pendahuluan
(2 JP)  
·         Mengingat kembali pelajaran yang pernah diberikan pada pertemuan yang lalu.

·         Kegiatan inti

·         Penilaian kemampuan siswa dalam pelafalan kosakata
·         Memperagakan/mendengarkan pembacaan kalimat dialog tentang angka.

·         Kegiatan penutup

·         Memberi materi latihan kosa kata dan kalimat sederhana.
PERTEMUAN 3. Kegiatan pendahuluan
(2 JP)
·      Mengingat kembali pelajaran yang lalu
·      Melakukan percakapan sederhana.
·      Memberi materi latihan dan tugas.
PERTEMUAN 4. Ulangan Harian I
(2 JP)
H.    SUMBER PEMBELAJARAN       :    - Buku paket PPSA Xin Zhong.
- Hanyu Jiaocheng dari Universitas Bahasa Beijing.
- Materi bahasa mandarin lainnya.
I.     PENILAIAN                               :
Teknik                   :    Lisan dan tulisan
Bentuk instrumen    :    Tugas individu dan ulangan blok
Contoh instrumen   :    Menirukan pengucapan kata setelah mendengar bunyinya
Melafalkan nada aksara setelah mendengarkan bunyinya.
Menjawab pertanyaan secara lisan sesuai dengan konteks dialog yang didengar.

Surabaya, 11 Juli 2017
Memeriksa / menyetujui
Kepala sekolah,                                                                                                       Guru Bahasa Mandarin




(........................)                                                                                                                                            ( ..................................... )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah               : SMP
Mata Pelajaran     : Bahasa Mandarin
Materi Pokok       : Membaca dengan suara jelas Hanyu Pinyin maupun Hanzi
Kelas / Semester   : VII / 1
Tahun Ajaran       : 2017 - 2018
Alokasi waktu      : 2 x 45menit (dalam satu pertemuan)

A.       STANDART KOMPETENSI         : MEMBACA
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri.
B.    KOMPETENSI DASAR             : 3.1. Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana, secara tepat.
3.2. Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana.
3.3. Membaca dengan suara jelas Hanyu Pinyin maupun Hanzi (kata, frasa atau kalimat) dalam wacana tulis sederhana dengan tepat.
C.    INDIKATOR                               : KD 1
§  Mengerti inti wacana tulis
§  Menentukan bentuk wacana tulis
KD 2
§  Mengerti informasi umum/tema dari wacana tulis
§  Mengerti informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis.
§  Mengerti informasi rinci dari wacana tulis.
§  Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
§  Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis.
§  Menjawab pertanyaan  dari wacana tulis.
KD 3
§  Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat.
§  Membaca dengan suara yang jelas kata,frasa,kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
§  Dapat melafalkan Hanyu Pinyin.
§  Memahami lafal & arti Hanzi.
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN        : Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu membaca wacana tulis sederhana.
E.    MATERI PEMBELAJARAN         : Lafal Hanyu pinyin, nada aksara, kosakata, kalimat sederhana, dialog tentang identitas diri.
F.    MODEL PEMBELAJARAN         : Mendengarkan dan menirukan bunyi Hanyu Pinyin, hanzi.
                                                           Menjawab pertanyaan sesuai teks
Tanya – jawab, demontrasi.
G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN    :
PERTEMUAN 1. Kegiatan pendahuluan
(2      JP)           -           Mengulang/mereview pelajaran yang pernah diperoleh.
-          Mengingat kembali tentang lafal Hanyu Pinyin, kosa kata dan kalimat yang telah dipelajari.

Kegiatan inti

-          Mengenal wacana tulis.
-          Membaca wacana tulis.

Kegiatan penutup

-         Memberi materi tugas menghafal kosa kata dan kalimat sederhana.
PERTEMUAN 2. Kegiatan pendahuluan
(2      JP)           -Mengulang/mereview pelajaran yang pernah diperoleh.
-          Mengingat kembali tentang wacana tulis yang telah dibaca dan dipelajari.

Kegiatan inti

-          Menjelaskan informasi umum yang berkaitan dengan wacana tulis yang sedang dipelajari.
-          Menerjemahkan wacana ke dalam Bahasa Indonesia.
-          Menyusun guntingan-guntingan kata menjadi kalimat dalam kerja kelompok.

Kegiatan penutup

-          Memberi materi tugas menghafal kosa kata dan kalimat sederhana.
PERTEMUAN 3. Kegiatan pendahuluan
(2      JP)           -Mengulang/mereview pelajaran yang pernah diperoleh.
-          Mengingat kembali tentang wacana tulis dan informasi umum yang telah dipelajari.

Kegiatan inti

-          Membaca kata, frasa, dan wacana dengan suara yang jelas di depan kelas.
-          Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis.

Kegiatan penutup

-          Memberi materi tugas menghafal kosa kata dan kalimat sederhana.
PERTEMUAN 4 Kegiatan pendahuluan
     (2 JP)   - Mengerjakan latihan soal yang sudah dipersiapkan oleh guru.
                             - Mendiskusikan dan membahas bersama latihan soal.
PERTEMUAN 5 Kegiatan pendahuluan
(2      JP)           - Mengulang/mereview pelajaran yang pernah diperoleh.
-Mengingat kembali tentang wacana tulis dan informasi umum yang telah dipelajari.
PERTEMUAN 6 Kegiatan pendahuluan
     (2 JP)   - Menjelaskan model tugas yang akan dikerjakan oleh murid.
                            
H.    SUMBER PEMBELAJARAN       : - Buku paket PPSA Xin Zhong.
- Hanyu Jiaocheng dari Universitas Bahasa Beijing.
- Materi bahasa mandarin lainnya.
I.     PENILAIAN                               :
Teknik                   : Lisan dan tulisan
Bentuk instrumen    : Tugas individu dan ulangan
Contoh instrumen   : Membaca kata, frasa, dan wacana di depan kelas
Melafalkan nada aksara setelah mendengarkan bunyinya.
Menjawab pertanyaan secara lisan sesuai dengan konteks dialog yang didengar.
Surabaya, 11 Juli 2017
Memeriksa / menyetujui
Kepala sekolah,                                                                                                       Guru Bahasa Mandarin


(.....................)                                                                                                              ( ............................. )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah               : SMP
Mata Pelajaran     : Bahasa Mandarin
Materi pokok       : Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan
Kelas / Semester   : VII / 2
Tahun Ajaran       : 2017 - 2018
Alokasi waktu      10 x 45menit

A.    STANDART KOMPETENSI         : MENULIS
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan identitas diri.
B.    KOMPETENSI DASAR             :    4.1. Menulis Hanyu Pinyin secara tepat.
4.2.  Menulis Hanzi sesuai guratan dan urutan bishun yang tepat.

C.    INDIKATOR                               : KD 1
§  Menuliskan Hanyu Pinyin yang tepat.
§  Memberi tanda baca Shengdiao yang tepat
KD 2
§    Menggunakan 5 bihua (guratan dasar) untuk menulis Hanzi dengan tepat.
§  Menulis Hanzi sesuai dengan bishun (urutan guratan).
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN        : Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa dapat menyusun kata, frasa menjadi kalimat sederhana dengan penulisan Hanzi yang tepat.
E.    MATERI PEMBELAJARAN         : 1. Wu kou ren , Hen mang
2.        一、| 丿 丿、 人
3.        Huruf Hanzi, kosakata, kalimat sederhana dan dialog sederhana.
F.    MODEL PEMBELAJARAN         : Melengkapi wacana dengan kosakata yang tersedia.
                                                           Melengkapi rangaian penulisan Hanzi Pinyin menjadi kata.
Menyusun frasa, kata yang tersedia menjadi sebuah kalimat.
G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN    :
PERTEMUAN 1. Kegiatan pendahuluan
(2      JP)           -  Mengulang/mereview pelajaran yang pernah diperoleh.
-          Mengingat kembali tentang huruf hanzi dan hanyu pinyin yang telah dipelajari.

Kegiatan inti

-          Merangkai hanyu pinyin menjadi kata, frasa, dan kalimat yang tepat
-     Menuliskan tanda baca shengdiao dalam kata, frasa, atau kalimat yang didiktekan guru.

Kegiatan penutup

-  Memberi materi tugas menghafal kosa kata dan kalimat sederhana.
PERTEMUAN 2. Kegiatan pendahuluan
(2      JP)           -Mengulang/mereview pelajaran yang pernah diperoleh.
-          Mengingat kembali tentang huruf hanzi dan hanyu pinyin yang telah dipelajari.

Kegiatan inti

-          Menuliskan 5 bihua (guratan dasar) yang tepat.
-          Menulis Hanzi yang tepat dengan kaidah yang tepat.
-          Menulis kata,frasa atau kalimat yang didiktekan guru.

Kegiatan penutup

-          Memberi materi tugas menghafal kosa kata dan kalimat sederhana.
PERTEMUAN 3. Kegiatan pendahuluan
(2      JP)           -Mengulang/mereview pelajaran yang pernah diperoleh.
-          Mengingat kembali tentang huruf hanzi dan hanyu pinyin yang telah dipelajari.

Kegiatan inti

-          Melengkapi wacana dengan kosakata yang tersedia.
-          Menyusun frasa, kata yang tersedia menjadi sebuah kalimat.

Kegiatan penutup

-          Memberi materi tugas menghafal kosa kata dan kalimat sederhana.
    PERTEMUAN 4.    Ulangan Harian ke II
            PERTEMUAN 5.           Remedial / Pengayaan
            PERTEMUAN 6.           Mengulang semua pelajaran yang sudah diperoleh.
            PERTEMUAN 7.           UAS
H.    SUMBER PEMBELAJARAN       : -  Buku paket PPSA Xin Zhong.
-  Hanyu Jiaocheng dari Universitas Bahasa Beijing.
-  Materi bahasa mandarin lainnya.
I.     PENILAIAN                               :
Teknik                   : Lisan dan tulisan
Bentuk instrumen    : Tugas individu dan ulangan blok
Contoh instrumen   : Menuliskan nada aksara setelah mendengarkan bunyinya.
Menjawab pertanyaan secara tertulis sesuai dengan konteks dialog yang didengar.



Surabaya, 11 Juli 2017
Memeriksa / menyetujui
Kepala sekolah,                                                                                                         Guru Bahasa Mandarin





(Drs. Antonius Riyanto)                                                                                                                                ( Anna Maria Kara )












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                        : SMP
Mata Pelajaran               : Bahasa Mandarin
Materi Pokok                : Mengidentifikasi bunyi Hanyu Pinyin
Kelas / Semester            : VII / 2
Tahun Ajaran                 : 2017 - 2018
Alokasi waktu               : 4 x 45menit

A.       STANDART KOMPETENSI         : Menulis
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas Diri
B.    KOMPETENSI DASAR             : 5.1. Menulis kata, frase dan kalimat dengan huruf dan tanda baca yang tepat.
5.2. Mengungapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan hanzi, kata/frasa dengan huruf ejaan dan struktur yang tepat.
C.    INDIKATOR                               : KD 1
§   Menggunakan hanzi dan tanda baca Mandarin dengan benar.
§   Mencocokkan ujaran dengan Hanzi/ kata/frase yang tepat
KD 2
§  Menyusun kata/frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat.
§  Menyusun frasa kalimat yang tersedia menjadi sebuah wacana.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN        : Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa dapat menuliskan Hanzi/kata/ujaran dan menggunakan tanda baca dengan benar.
E.    MATERI PEMBELAJARAN         : Hanyu Pinyin tentang Identitas diri.
我们都是留学生 (Wǒmen dōu shì liúxuéshēng), 你在哪 儿学 (Nǐ zaì nǎr xuéxí)
F.    MODEL PEMBELAJARAN         : Menuliskan bunyi Hanyu pinyin.
Menuliskan bunyi Hanzi, kata, ujaran yang tepat.
Menggunakan tanda baca dalam wacana secara tepat.
G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN    :
PERTEMUAN 1. Kegiatan pendahuluan
(2  JP-  Mengulang/mereview pelajaran yang pernah diperoleh.

Kegiatan inti

-          Menuliskan bunyi Hanyu pinyin.
-          Menuliskan bunyi Hanyu pinyin sesuai bishun.

Kegiatan penutup

-          Memberi materi tugas menghafal kosa kata dan kalimat sederhana.

PERTEMUAN 2. Kegiatan pendahuluan
(2  JP-   Mengulang/mereview pelajaran yang pernah diperoleh.

Kegiatan inti

-          Menuliskan bunyi Hanzi.
-          Menulikan tanda baca dengan tepat.

Kegiatan penutup

-       Memberi materi tugas menghafal kosa kata dan kalimat sederhana.

PERTEMUAN 3. Kegiatan pendahuluan
(2 JP)          Latihan berupa soal-soal dengan materi yang sudah dipelajari.

H.    SUMBER PEMBELAJARAN     :  - Buku paket PPSA Xin Zhong.
- Hanyu Jiaocheng dari Universitas Bahasa Beijing.
- Materi bahasa mandarin lainnya.
I.     PENILAIAN                             :
Teknik                   : Lisan dan tulisan
Bentuk instrumen    : Tugas individu dan ulangan blok
Contoh instrumen   : Menulis hanzi dan pinyin setelah mendengar bunyinya
Mengidentifikasi / menentukan tanda nada aksara melalui mendengarkan bunyinya.
Menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks dialog yang didengar.


Surabaya, 11 Juli 2017
Memeriksa / menyetujui
Kepala sekolah,                                                                                                     Guru Bahasa Mandarin





(...........................)                                                                                                                                      ( .................................... )
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lianxi

Mencoba mencari metode pengajaran

[诗歌] The School Boy 小读书郎