RPP SMP Bahasa Mandarin
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Mandarin
Materi Pokok : Memperoleh informasi dari berbagai bentuk bacana lisan sederhana secara
tepat
Kelas /
Semester : VII / 1
Tahun Ajaran : 2017 - 2018
Alokasi waktu : 2 x 45menit
A.
STANDART KOMPETENSI : MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog
sederhana tentang
Identitas Diri
B. KOMPETENSI
DASAR : 1.1 Mengidentifikasi bunyi/nada Hanyu Pinyin,
ujaran (kata, frase atau kalimat) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan
membedakan secara tepat.
1.2 Memperoleh informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara
tepat.
C. INDIKATOR : KD 1
§
Mengidentifikasi yunmu (Final) dan shengmu (Inisial)
§ Mengidentifikasi shengdiao (nada)
dan
biandiao (perubahan nada)
§
Mengidentifikasi qingsheng (nada netral)
§ Membedakan bunyi Hanzi dari kosakata yang mirip
§ Memahami kalimat
sederhana
§ Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan.
§ Menentukan informasi tertentu atau kata kunci dari wacana lisan
§ Menentukan informasi rinci dari wacana lisan.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN : Setelah mengikuti
pembelajaran ini, siswa mampu mendengarkan dan mengucapkan bunyi Hanyu Pinyin /
Hanzi dengan tepat; mampu mengidentifikasi yunmu,
shengmu, shengdiao, biandiao, qingsheng; memahami kalimat sederhana dengan
menunjukkan semua informasi yang terkandung di dalamnya.
E. MATERI PEMBELAJARAN : Hanyu
Pinyin dan kosakata; wacana yang memuat kosakata pola kalimat dan ungkapan
komunikatif sesuai tema.
F. MODEL PEMBELAJARAN : Mendengarkan
dan menirukan bunyi Hanyu Pinyin, hanzi.
Tanya – jawab, demontrasi.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
PERTEMUAN 1. Kegiatan pendahuluan
(2 JP)
-Memberi motivasi dalam tahun pembelajaran yang baru.
-
Mengulang/mereview pelajaran yang pernah
diperoleh.
Kegiatan inti
- Menjelaskan
lafal dan arti kosa kata.
- Menjelaskan/memperagakan/mendengarkan
bunyi kalimat dalam intonasi yang benar.
- Melatih
mengidentifikasi bunyi kalimat serta memahami artinya.
Kegiatan penutup
-
Memberikan materi latihan.
PERTEMUAN 2. Kegiatan pendahuluan
(2 JP) -Mengingat kembali pelajaran yang
pernah diberikan pada pertemuan yang lalu.
Kegiatan inti
-
Menjelaskan/melatih mengidentifikasi bunyi kata
dengan menuliskan Hanyu Pinyin dan membubuhkan tanda nada yang tepat.
-
Mengidentifikasi huruf-huruf yang bersuara dasar
sama namun berbeda nada dan artinya.
Kegiatan penutup
-
Memberi materi latihan kosa kata dan kalimat
sederhana.
PERTEMUAN 3. Kegiatan pendahuluan
(2 JP) -Mengingat kembali pelajaran
yang lalu.
Memberi materi latihan dan tugas
berupa percakapan secara lisan.
H. SUMBER PEMBELAJARAN : - Buku paket PPSA Xin Zhong.
- Hanyu Jiaocheng dari Universitas Bahasa
Beijing.
- Materi bahasa mandarin lainnya.
I. PENILAIAN :
Teknik : Lisan dan tulisan.
Bentuk instrumen : Tugas individu dan
ulangan blok.
Contoh instrumen : Menulis hanzi dan
pinyin setelah mendengar bunyinya.
Mengidentifikasi / menentukan tanda nada
aksara melalui mendengarkan bunyinya.
Menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks dialog yang didengar.
Surabaya, 11 Juli 2017
Memeriksa / menyetujui
Kepala sekolah, Guru
Bahasa Mandarin
(...............................) ( .................................
)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Mandarin
Materi Pokok : Lafal Hanyu pinyin, nada aksara, kosakata,
kalimat sederhana, dialog tentang identitas diri
Kelas /
Semester : VII / 1
Tahun Ajaran : 2017 - 2018
Alokasi waktu : 2 x 45menit (dalam satu pertemuan)
A. STANDART
KOMPETENSI : BERBICARA
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas
diri.
B. KOMPETENSI
DASAR : 2.1 Menyampaikan
berbagai informasi secara lisan dengan lafal Hanyu pinyin yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai kon teks, yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang
santun.
2.2 Melakukan dialog sederhana, dengan
lancar, yang mencer minkan kecakapan berkomunikasi dengan
santun dan tepat.
C. INDIKATOR : KD 1
§
Mengucapkan kata-kata yang telah dipelajari dengan bunyi
yunmu, shengmu yang tepat
§
Melafalkan songqi dan bu songqi (bunyi beraspirasi dan tak
beraspirasi)
§
Melafalkan pingsheyin (bunyi blade alveolar) dan
qiaosheyin (blade palatal)
§
Mengucapkan kata-kata yang telah dipelajari dengan
shengdiao yang tepat
§
Melafalkan bunyi er dan akhiran -r dengan tepat dalam
teks lisan.
§
Melafalkan Hanzi/kata/ frase dengan tepat.
§
Memilih jawaban yang benar sesuai
konteks.
§
Menjawab dengan benar sesuai
konteks
§
Menyampaikan informasi sederhana sesuai materi
KD 2
§ Mengajukan pertanyaan sesuai konteks.
§ Menjawab pertanyaan sesuai konteks
§ Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
§ Melakukan percakapan sesuai konteks.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN : Setelah
mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu dan dapat menirukan/menyuarakan bunyi
Hanyu Pinyin / Hanzi dengan tepat.
E. MATERI PEMBELAJARAN : Lafal Hanyu pinyin, nada aksara, kosakata, kalimat sederhana, dialog tentang identitas
diri.
F. MODEL PEMBELAJARAN : Mendengarkan
dan menirukan bunyi Hanyu Pinyin, hanzi.
Latihan
Soal
Tanya – jawab, demontrasi.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
PERTEMUAN
1. Kegiatan
pendahuluan
(2 JP) - Mengulang/mereview pelajaran yang
pernah diperoleh.
-
Mengingat kembali tentang lafal Hanyu Pinyin,
kosa kata dan kalimat yang telah dipelajari.
Kegiatan inti
-
Mendengarkan bunyi hanyu pinyin, shengmu, yunmu dan shengdiao yang tepat.
-
Peragaan melafalkan kata-kata dan kalimat.
-
Melatih mengidentifikasi bunyi kalimat serta
memahami artinya.
Kegiatan penutup
-
Memberi materi tugas menghafal kosa kata dan
kalimat sederhana.
PERTEMUAN
2. Kegiatan
pendahuluan
(2 JP)
·
Mengingat kembali pelajaran yang pernah
diberikan pada pertemuan yang lalu.
· Kegiatan inti
·
Penilaian kemampuan siswa dalam pelafalan
kosakata
·
Memperagakan/mendengarkan pembacaan kalimat
dialog tentang angka.
· Kegiatan penutup
·
Memberi materi latihan kosa kata dan kalimat
sederhana.
PERTEMUAN
3. Kegiatan
pendahuluan
(2 JP)
·
Mengingat kembali pelajaran yang lalu
·
Melakukan percakapan sederhana.
·
Memberi materi latihan dan tugas.
PERTEMUAN
4. Ulangan
Harian I
(2 JP)
H. SUMBER PEMBELAJARAN : - Buku paket PPSA Xin Zhong.
- Hanyu Jiaocheng dari Universitas Bahasa
Beijing.
- Materi bahasa mandarin lainnya.
I. PENILAIAN :
Teknik : Lisan dan tulisan
Bentuk
instrumen : Tugas individu dan ulangan blok
Contoh
instrumen : Menirukan pengucapan kata setelah mendengar bunyinya
Melafalkan nada
aksara setelah mendengarkan bunyinya.
Menjawab pertanyaan secara lisan
sesuai dengan konteks dialog yang didengar.
Surabaya,
11 Juli 2017
Memeriksa / menyetujui
Kepala sekolah, Guru
Bahasa Mandarin
(........................) ( ..................................... )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Mandarin
Materi Pokok : Membaca dengan suara jelas Hanyu Pinyin maupun Hanzi
Kelas / Semester : VII / 1
Tahun Ajaran : 2017 - 2018
Alokasi waktu : 2 x 45menit
(dalam satu pertemuan)
A. STANDART
KOMPETENSI : MEMBACA
Memahami wacana lisan berbentuk
paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri.
B. KOMPETENSI DASAR : 3.1. Mengidentifikasi
bentuk dan tema wacana sederhana, secara tepat.
3.2. Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau
rinci dari wacana tulis sederhana.
3.3. Membaca dengan suara jelas Hanyu Pinyin maupun Hanzi (kata, frasa atau
kalimat) dalam wacana tulis sederhana dengan tepat.
C. INDIKATOR : KD 1
§
Mengerti inti wacana tulis
§
Menentukan bentuk wacana tulis
KD 2
§ Mengerti informasi umum/tema
dari wacana tulis
§ Mengerti informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis.
§
Mengerti informasi rinci dari
wacana tulis.
§
Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan mengenai
informasi tertentu dari wacana tulis.
§
Menjawab pertanyaan dari wacana tulis.
KD 3
§
Melafalkan kata/frasa/kalimat
dengan tepat.
§
Membaca dengan suara yang jelas
kata,frasa,kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
§
Dapat melafalkan Hanyu Pinyin.
§
Memahami lafal & arti
Hanzi.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN : Setelah
mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu membaca wacana tulis sederhana.
E. MATERI PEMBELAJARAN : Lafal Hanyu pinyin, nada aksara, kosakata, kalimat sederhana, dialog tentang identitas
diri.
F. MODEL PEMBELAJARAN : Mendengarkan
dan menirukan bunyi Hanyu Pinyin, hanzi.
Menjawab
pertanyaan sesuai teks
Tanya – jawab, demontrasi.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
PERTEMUAN
1. Kegiatan
pendahuluan
(2 JP) - Mengulang/mereview
pelajaran yang pernah diperoleh.
-
Mengingat kembali tentang lafal Hanyu Pinyin,
kosa kata dan kalimat yang telah dipelajari.
Kegiatan inti
-
Mengenal wacana tulis.
-
Membaca wacana tulis.
Kegiatan penutup
-
Memberi materi tugas menghafal kosa kata dan
kalimat sederhana.
PERTEMUAN
2. Kegiatan
pendahuluan
(2 JP) -Mengulang/mereview pelajaran yang
pernah diperoleh.
-
Mengingat kembali tentang wacana tulis yang
telah dibaca dan dipelajari.
Kegiatan inti
-
Menjelaskan informasi umum yang berkaitan dengan
wacana tulis yang sedang dipelajari.
-
Menerjemahkan wacana ke dalam Bahasa Indonesia.
-
Menyusun guntingan-guntingan kata menjadi kalimat
dalam kerja kelompok.
Kegiatan penutup
-
Memberi materi tugas menghafal kosa kata dan
kalimat sederhana.
PERTEMUAN 3. Kegiatan
pendahuluan
(2 JP) -Mengulang/mereview pelajaran yang
pernah diperoleh.
-
Mengingat kembali tentang wacana tulis dan
informasi umum yang telah dipelajari.
Kegiatan inti
-
Membaca kata, frasa, dan wacana dengan suara
yang jelas di depan kelas.
-
Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci
dari wacana tulis.
Kegiatan penutup
-
Memberi materi tugas menghafal kosa kata dan
kalimat sederhana.
PERTEMUAN 4 Kegiatan pendahuluan
(2
JP) - Mengerjakan latihan soal yang
sudah dipersiapkan oleh guru.
-
Mendiskusikan dan membahas bersama latihan soal.
PERTEMUAN 5 Kegiatan pendahuluan
(2 JP) - Mengulang/mereview pelajaran yang
pernah diperoleh.
-Mengingat
kembali tentang wacana tulis dan informasi umum yang telah dipelajari.
PERTEMUAN 6 Kegiatan pendahuluan
(2
JP) - Menjelaskan model tugas yang akan
dikerjakan oleh murid.
H. SUMBER PEMBELAJARAN : - Buku paket PPSA Xin Zhong.
- Hanyu
Jiaocheng dari Universitas Bahasa Beijing.
- Materi
bahasa mandarin lainnya.
I. PENILAIAN :
Teknik : Lisan dan tulisan
Bentuk instrumen : Tugas individu dan ulangan
Contoh instrumen : Membaca kata, frasa, dan wacana di depan kelas
Melafalkan nada
aksara setelah mendengarkan bunyinya.
Menjawab pertanyaan secara lisan
sesuai dengan konteks dialog yang didengar.
Surabaya, 11 Juli 2017
Memeriksa / menyetujui
Kepala sekolah,
Guru Bahasa Mandarin
(.....................) ( ............................. )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Mandarin
Materi pokok : Mengungkapkan informasi secara tertulis
dalam bentuk paparan
Kelas / Semester : VII / 2
Tahun Ajaran : 2017 - 2018
Alokasi waktu 10 x 45menit
A.
STANDART KOMPETENSI : MENULIS
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam
bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan identitas diri.
B. KOMPETENSI DASAR : 4.1. Menulis Hanyu Pinyin secara tepat.
4.2. Menulis Hanzi sesuai
guratan dan urutan bishun yang tepat.
C. INDIKATOR : KD 1
§ Menuliskan Hanyu Pinyin yang tepat.
§ Memberi tanda
baca Shengdiao yang tepat
KD 2
§
Menggunakan 5 bihua (guratan dasar) untuk menulis
Hanzi dengan tepat.
§ Menulis Hanzi
sesuai dengan bishun (urutan guratan).
D. TUJUAN PEMBELAJARAN : Setelah
mengikuti pembelajaran ini, siswa dapat menyusun kata, frasa menjadi kalimat
sederhana dengan penulisan Hanzi yang
tepat.
E. MATERI PEMBELAJARAN : 1.
Wu kou ren , Hen mang
2.
一、| 、丿 、丿、 人
3.
Huruf Hanzi, kosakata, kalimat sederhana dan
dialog sederhana.
F. MODEL PEMBELAJARAN : Melengkapi wacana dengan kosakata yang
tersedia.
Melengkapi
rangaian penulisan Hanzi Pinyin menjadi kata.
Menyusun frasa, kata yang tersedia menjadi sebuah kalimat.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
PERTEMUAN
1. Kegiatan
pendahuluan
(2 JP) -
Mengulang/mereview pelajaran yang pernah diperoleh.
-
Mengingat kembali tentang huruf hanzi dan hanyu
pinyin yang telah dipelajari.
Kegiatan inti
-
Merangkai hanyu pinyin menjadi kata, frasa, dan
kalimat yang tepat
- Menuliskan
tanda baca shengdiao dalam kata, frasa, atau kalimat yang didiktekan guru.
Kegiatan penutup
- Memberi materi tugas menghafal kosa kata dan
kalimat sederhana.
PERTEMUAN
2. Kegiatan
pendahuluan
(2 JP) -Mengulang/mereview pelajaran yang
pernah diperoleh.
-
Mengingat kembali tentang huruf hanzi dan hanyu
pinyin yang telah dipelajari.
Kegiatan inti
-
Menuliskan 5 bihua (guratan dasar) yang tepat.
-
Menulis Hanzi yang tepat dengan kaidah yang tepat.
-
Menulis kata,frasa atau kalimat yang didiktekan guru.
Kegiatan penutup
-
Memberi materi tugas menghafal kosa kata dan
kalimat sederhana.
PERTEMUAN 3. Kegiatan
pendahuluan
(2 JP) -Mengulang/mereview pelajaran yang
pernah diperoleh.
-
Mengingat kembali tentang huruf hanzi dan hanyu
pinyin yang telah dipelajari.
Kegiatan inti
-
Melengkapi wacana dengan
kosakata yang tersedia.
-
Menyusun frasa, kata yang
tersedia menjadi sebuah kalimat.
Kegiatan penutup
-
Memberi materi tugas menghafal kosa kata dan
kalimat sederhana.
PERTEMUAN 4. Ulangan Harian ke II
PERTEMUAN
5. Remedial / Pengayaan
PERTEMUAN 6. Mengulang
semua pelajaran yang sudah diperoleh.
PERTEMUAN 7. UAS
H. SUMBER
PEMBELAJARAN : - Buku paket PPSA Xin Zhong.
- Hanyu
Jiaocheng dari Universitas Bahasa Beijing.
- Materi
bahasa mandarin lainnya.
I. PENILAIAN :
Teknik : Lisan dan tulisan
Bentuk instrumen : Tugas individu dan
ulangan blok
Contoh instrumen : Menuliskan nada
aksara setelah mendengarkan bunyinya.
Menjawab pertanyaan secara tertulis sesuai dengan konteks dialog yang
didengar.
Surabaya, 11 Juli 2017
Memeriksa / menyetujui
Kepala sekolah, Guru
Bahasa Mandarin
(Drs. Antonius
Riyanto) ( Anna Maria Kara )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Bahasa Mandarin
Materi
Pokok : Mengidentifikasi
bunyi Hanyu Pinyin
Kelas
/ Semester : VII / 2
Tahun
Ajaran : 2017 - 2018
Alokasi
waktu : 4 x 45menit
A. STANDART
KOMPETENSI : Menulis
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk
paparan atau dialog sederhana
tentang Identitas Diri
B. KOMPETENSI DASAR : 5.1. Menulis kata, frase dan kalimat dengan
huruf dan tanda baca yang tepat.
5.2. Mengungapkan
informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang
mencerminkan kecakapan menggunakan hanzi,
kata/frasa dengan huruf ejaan dan struktur yang tepat.
C. INDIKATOR : KD 1
§
Menggunakan
hanzi dan tanda baca Mandarin dengan
benar.
§
Mencocokkan ujaran dengan Hanzi/ kata/frase yang tepat
KD 2
§ Menyusun kata/frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat.
§ Menyusun frasa kalimat yang tersedia menjadi sebuah wacana.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN : Setelah
mengikuti pembelajaran ini, siswa dapat menuliskan Hanzi/kata/ujaran dan
menggunakan tanda baca dengan benar.
E. MATERI PEMBELAJARAN : Hanyu Pinyin
tentang Identitas diri.
我们都是留学生 (Wǒmen dōu shì liúxuéshēng), 你在哪 儿学 习 (Nǐ zaì nǎr xuéxí)
F. MODEL PEMBELAJARAN : Menuliskan bunyi Hanyu pinyin.
Menuliskan bunyi Hanzi, kata, ujaran yang tepat.
Menggunakan tanda baca
dalam wacana secara tepat.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN :
PERTEMUAN 1. Kegiatan pendahuluan
(2 JP)- Mengulang/mereview pelajaran yang pernah
diperoleh.
Kegiatan inti
-
Menuliskan bunyi Hanyu pinyin.
-
Menuliskan bunyi Hanyu
pinyin sesuai
bishun.
Kegiatan penutup
-
Memberi materi tugas menghafal kosa kata dan
kalimat sederhana.
PERTEMUAN 2. Kegiatan pendahuluan
(2 JP)- Mengulang/mereview pelajaran yang pernah
diperoleh.
Kegiatan inti
-
Menuliskan bunyi Hanzi.
-
Menulikan tanda baca dengan tepat.
Kegiatan penutup
- Memberi
materi tugas menghafal kosa kata dan kalimat sederhana.
PERTEMUAN
3. Kegiatan
pendahuluan
(2 JP) Latihan berupa soal-soal dengan materi
yang sudah dipelajari.
H. SUMBER PEMBELAJARAN : - Buku paket PPSA Xin Zhong.
- Hanyu Jiaocheng dari Universitas Bahasa
Beijing.
- Materi bahasa mandarin lainnya.
I. PENILAIAN :
Teknik : Lisan dan tulisan
Bentuk instrumen : Tugas individu dan ulangan blok
Contoh instrumen : Menulis hanzi dan pinyin setelah mendengar
bunyinya
Mengidentifikasi /
menentukan tanda nada aksara melalui mendengarkan bunyinya.
Menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks dialog yang didengar.
Surabaya, 11 Juli 2017
Memeriksa / menyetujui
Kepala sekolah, Guru
Bahasa Mandarin
(...........................) ( .................................... )
Komentar
Posting Komentar
Tidak menerima jika berkaitan dengan SARA, kekerasan, dan semua hal yang melanggar norma, agama dan HAM.