RPP
Nama
Satuan Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : Bahasa dan Sastra Mandarin
Kelas
/ Semester : /Ganjil
Materi Pokok : Sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang, bangunan
publik
Alokasi
Waktu : 4 x 3 JP
A.
Kompetensi Inti
KI 1:
Menyadari dirinya sebagai mahluk ciptaan yang Maha Kuasa serta menjalankan
kewajibannya sesuai dengan agama yang dianutnya.
KI 2: Memiliki sikap jujur,
disiplin, kerjasama, responsif, dan proaktif dalam mencari solusi permasalahan.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
KI3:
Memahami,
mene-rapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI4:
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.
|
KD 3.4
Mendeskripsikan
sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan publik
serta informasi terkait dengan kondisi di sekitar kehidupan peserta didik
sehari-hari dalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai dengan
konteks pengguna-annya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
|
KD 4.4
Memproduksi teks interaksi transaksional lisan
dan tulis terkait tindakan memberi dan
meminta informasi tentang sebutan,sifat/kondisi dan jumlah orang, benda,
binatang danbangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik
sehari-hari, dengan memperhatikanfungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
|
IPK 3.4
3.4.1Mengenali
sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan
publik
3.4.2Mengidentifikasi sebutan,
sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan publik.
3.4.3Menggunakansebutan, sifat/kondisi, jumlah
orang, benda, binatang dan bangunan publik.
3.4.4Membedakan sebutan, sifat/kondisi, jumlah
orang, benda, binatang dan bangunan publik.
|
IPK 4.3
4.4.1Memproduksi
dialog sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan
publik
4.4.2Memdramatisasikan dialog mengenai kegiatan sehari-hari yang terkait
dengan sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang, dan
bangunan publik
|
B.
Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran peserta didik mampu
mengidentifikasisebutan,
sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang, dan bangunan public dan mendemonstrasi kan tindak
tutur berupa teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi
terkait dengan sebutan,
sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang, dan bangunan publicsehingga
menumbuhkan sikap percaya diri, tanggung jawab, peduli, aktif, santun dan
selalu bersyukur.
C.
Materi Pembelajaran
Fungsi social:
mengenalkan lingkungan sekitar kehidupan siswa
Struktur text:
pembukaan, inti, penutupan
Unsur
kebahasaan: kata benda, keterangan tempat, keterangan waktu, kata bantu
bilangan, kata sifat.
Topik:
hewan yang ada di kebun binatang.
D.
Metode Pembelajaran
Presentation,
practice, production
E.
Media Pembelajaran
PPT, Papan
Tulis/White Board, LCD, flash card, leptop
F.
Sumber Belajar
Modul
Internet
Video
Adaptasi HSK 1 (教程,练习) halaman
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
PPK
|
Pertemuan Pertama
Pendahuluan (10 Menit)
§
Guru
memimpin siswa untuk berdoa Sebelum memulai pembelajaran
§
Ketua
kelas menyiapkan kelas dan memberikan salam kepada guru
§
Guru
menjawab salam peserta didik selamat pagi semua, 大家早上好”
§
Guru
menanyakan keadaan peserta didik dan menanyakan peserta didik yang tidak hadir
“今天有谁没来上课?”
§
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru tentang keadaaan dan kehadiran
§
Peserta
didik mengamati PPT yang ditayangkan sebagai review pembelajaran
§
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
Literasi
|
Kegiatan Inti (70 Menit)
§
Guru
memberikan video tentang pengenalan hewan.
§
Guru
memberikan waktu kepada siswa untuk berdiskusi dan mengamati hewan yang ada
didalam video.
§
Guru
bertanya nama hewan-hewan dalam Bahasa mandarin.
§
Guru
memberikan kosa kata baru materi tentang
hewan.
§
Peserta
didik mengamati kosakata yang terdapat pada modul / PPT yang disajikan
§
Peserta
didik membaca kosakata
§
Guru
membimbing membaca kosakata sekaligus menjelaskan artinya.
§
Guru
membimbing peserta didik dalam membuat frasa dan kalimat berdasarkan kosakata
§
Peserta
didik berlatih membuat frasa dan kalimat
berdasarkan kosakata
§
Peserta
didik mengamati dialog yang diberikan oleh guru
Literasi
|
§
Peserta
didik membaca dialog
§
Guru
memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya terkait wacana
Collaboration
|
§
Berlatih
dialog materi tentang hewan dengan 2 rekan dan bertanya dengan guru seandainya
ada yang belum dipahami.
Creativity
|
§
Menggunakan
Bahasa sendiri dan berconversation dengan teman sebangku sesuai dengan materi
tentang hewan atau yang terkait dengan dialog yang telah diberikan oleh guru
membimbing.
Communication
|
§
Mempresentasikan nama hewan dalam bahasa mandarin dan
menjelaskan keunikan hewan yang terdapat dalam video.
§
Guru
melakukan penilaian
§
Membuka
ruang tanya jawab dari hasil presentasi
Critical
Thinking
|
§
Membuat
Kesimpulan bersama berkaitan dengan materi yang dipelajari
Penutup (10 Menit)
§
Guru
dan peserta didik menyimpulkan pembelajaran
§
Guru
memberikan tugas menghafal Hanzi
§
Guru
memberi tugas menulis sambung aksara mandarin
§
Ketua
kelas memimpin salam kepada guru
§
Guru
menjawab salam peserta didik
B. Penilaian
Hasil Pembelajaran
1.
Teknik Penilaian
1) Penilaian
Sikap : Observasi/pengamatan
2) Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
3) Penilaian
Keterampilan : Proyek (membuat komik)
2.
Bentuk Instrumen (terlampir)
3.
Remedial
- Pembelajaran remedial
dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
- Tahapan pembelajaran remedial
dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal),
atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
- Tes remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali ters remedial belum mencapai
ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis
kembali.
4.
Pengayaan
- Bagi siswa yang sudah mencapai
nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
Ø Siwa yang mencapai nilai
diberikan
materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
Ø Siwa yang mencapai nilai
diberikan
materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
Nama Satuan
pendidikan :
Tahun
pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester
: X/Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Mandarin
No
|
Nama
|
Mengucap
Syukur
|
Berdoa
|
Meyakini
|
Predikat
|
Deskripsi dalam Rapor
|
|||
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
SB
|
PB
|
||||
1
|
|
|
|
|
|||||
2
|
|
|
|
|
|||||
3
|
|
|
|
|
|||||
4
|
|
|
|
|
|
|
|
||
5
|
|
|
|
|
|
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
Nama Satuan
pendidikan :
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester
: X/Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Mandarin
Nama Siswa
|
Disiplin
|
Jujur
|
Bertanggung
jawab
|
Tekun
|
Bekerjasama
|
|||||||||||||||||||||||
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
a
|
B
|
c
|
d
|
e
|
a
|
b
|
c
|
D
|
e
|
||||
1. ......
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
2. ......
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
3. ......
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
4. ......
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
5. ......
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Keterangan
:
a = sangat baik c = cukup
baik e
= sangat kurang
b = baik d
= kurang baik
INSTRUMEN PENUGASAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Mandarin
Kelas / Semester : X / Ganjil
Contoh
Pedoman Penskoran:
FORMAT
PENILAIAN BERDIALOG
No.
|
NamaPeserta Didik
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Rata-rata
|
|||||||||||
Pelafalan
|
Ton
|
Kelancaran
|
Ekspresi
|
||||||||||||
Tepat
|
Kurang Tepat
|
Tidak Tepat
|
Tepat
|
Kurang Tepat
|
Tidak Tepat
|
Tepat
|
Kurang Tepat
|
Tidak Tepat
|
Rapi
|
Kurang Rapi
|
Tidak Rapi
|
||||
5
|
4
|
3
|
5
|
4
|
3
|
5
|
4
|
3
|
5
|
4
|
3
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek
penilaian : Pelafalan Ton Kelancaran Ekspresi
Skor
Maksimal : 5 5 5 5
Jumlah : 5 x 4 = 20
Nilai : Skor yang diperoleh x 100
2
SOAL:
Buatlah diaolog
mengenai kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan sebutan, sifat/kondisi,
jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public.
Surabaya, Maret
2017
Mengetahui,
Kepala Guru Bahasa Mandarin
………………………………………………. ……………………………………………….
NIP. NIP.
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Mandarin
Kelas / Semester : X/Ganjil
1) Tes
Uraian
Pedoman
penskoran
No
|
Jawaban
|
Bobot
|
Skor
|
1.
2.
3.
4
5.
|
Peserta didik menjawab benar
Peserta
didik menjawab salah
Peserta
didik menjawab benar
Peserta
didik menjawab salah
Peserta
didik menjawab benar
Peserta
didik menjawab salah
Peserta
didik menjawab benar
Peserta
didik menjawab salah
Peserta
didik menjawab benar
Peserta didik menjawab salah
|
2
0
2
0
2
0
2
0
2
0
|
2
0
2
0
2
0
2
0
2
0
|
Skor
No.
1 Nilai maksimal 2
No.
2 Nilai maksimal 2
No.
3 Nilai maksimal 2
No.
4 Nilai maksimal 2
No.
5 Nilai maksimal 2
Jumlah 10
Skor
yang diperoleh
Nilai =
x 100
10
Materi:
Pengenalan nama
hewan dalam Bahasa mandarin
生词 kosakata
1.
动物园 dòngwùyuán kebun binatang
2.
熊猫 xióngmāo panda
3.
一起 yìqǐ bersama-sama
4.
多 duō banyak
5.
可爱 kě’ài lucu
6.
只 zhī satuan
untuk binatang
7.
国外 guó wài keluar
negeri
8.
上课 shàngkè masuk kelas
9.
大象 dàxiàng gajah
10.
老虎 lăohŭ harimau
11.
黑猩猩 xiăoxīngxīng gorila
12.
长颈鹿 chángjĭnglù jerapah
13.
出发 chūfā berangkat
SOAL:
Pilihlah
gambar dan Tarik garis yang sesuai dengan hurup hanzinya!
- 起床
- 老虎
- 熊猫
- 一起
- 动物园
- 大象
Perhatikan pinyin dan tulislah
dengan hanzi beserta artinya!
- Dòngwù :_______________ : _____________
- dàxiǎo :_________________ : ___________
- kě'ài :___________________: ____________
- shàngke:________________: ____________
- gè:_____________________: ____________
Urutkan sesuai
dengan kalimat yang benar!
- 我猫一只小有
___________________________________________
- 我们 熊猫 看 动物园 去
___________________________________________
- 明天不 上课 也
___________________________________________
- 我人有五口家
___________________________________________
- 你 书 有 吗 汉语
___________________________________________
2)
Tes Menulis
FORMAT PENILAIAN MEMBUAT
CERITA KEGIATAN SEHARI-HARI
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Rata-rata
|
|||||||||||
Kosakata
|
Struktur
|
Kerunutan
|
Kerapihan
|
||||||||||||
Tepat
|
Kurang Tepat
|
Tidak Tepat
|
Tepat
|
Kurang Tepat
|
Tidak Tepat
|
Tepat
|
Kurang Tepat
|
Tidak Tepat
|
Rapi
|
Kurang Rapi
|
Tidak Rapi
|
||||
5
|
4
|
3
|
5
|
4
|
3
|
5
|
4
|
3
|
5
|
4
|
3
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek penilaian :
Kosakata struktur Kerunutan Kerapihan
Skor Maksimal : 5 5 5 5
Jumlah : 5 x 4 = 20
Nilai : Skor
yang diperoleh x 100
20
Materi:
Dialog
materi tentang Hewan dalam Bahasa mandarin
课文二 去动物园
A:我想去看熊猫。
B:这个星期五我们一起去动物园吧。
A:你不上课吗?
B:我们班的汉语老师去国外了,所以我们也不上课啊。
A:那好的,我们去哪里的动物园呢?
B:我们去巴厘动物园吧。
A:那里有很多熊猫吗?
B: 我的朋友说有几只,有小的,有大的,都很可爱。
A:有没有别的动物?
B: 有很多呀、有大象、老虎、小星星、长颈鹿等等。
A:那好的,我们几点出发?
B:早上七点在门口见面。
SOAL:
Buatlah sebuah
cerita berdasarkan gambar berikut
|
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
|
Surabaya, Maret 2017
Mengetahui,
Kepala Guru Bahasa Mandarin
……………………………………………. ……………………………………………….
NIP.
196108181990011001 NIP.
INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Mandarin
Kelas / Semester : / Ganjil
Contoh
Pedoman Penskoran:
FORMAT PENILAIAN MEMBUAT KOMIK
KEGIATAN SEHARI-HARI
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Rata-rata
|
||||||||||||
Struktur
|
Kerunutan
|
Kerapihan
|
Kreatifitas
|
|||||||||||||
Tepat
|
Kurang Tepat
|
Tidak Tepat
|
Tepat
|
Kurang Tepat
|
Tidak Tepat
|
Tepat
|
Kurang Tepat
|
Tidak Tepat
|
Sangat
|
Sedang
|
kurang
|
|
|
|||
5
|
4
|
3
|
5
|
4
|
3
|
5
|
4
|
3
|
5
|
4
|
3
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek
penilaian : Struktur Kerunutan Kerapihan Kreatifitas
Skor
Maksimal : 5 5 5 5
Jumlah : 5 x 4 = 20
Nilai : Skor yang diperoleh x 100
20
Soal:
Berdialog sederhana menceritakan tentang kegiatan
sehari–hari yang berkaitan dengan sebutan,
sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public!
Surabaya, Maret 2016
Mengetahui,
KepalaSMA Guru Bahasa Mandarin
……………………………………………. ………………………………………
NIP. NIP.
KISI-KISI SOAL
Jenis Sekolah
Mata Pelajaran
Kurikulum
Alokasi waktu
Tahun Pelajaran
|
: SMA / SMK / MA/ MA’ ARIF
: Bahasa dan Sastra Mandarin
: Kurikulum 2013
: 90Menit
: 2016/2017
|
|||||||||
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Bahan
Kls/ Semester
|
Konten/Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Level Kognitif
|
No. Soal
|
|||
1
|
1.1.
Mengidentifkasi
sebutan,
sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public dalam
tindak tutur memberi dan meminta
informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan
dan tulis.
|
X / 1
|
sebutan,
sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public
|
Disajikan gambar dan stimulus mengenai penanggalan, peserta didik menjawab pertanyaan yang
disajikan.
|
Essai
|
C4
Penalaran
|
1
|
|||
2
|
2.1.
Mengidentifkasi
sebutan,
sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public dalam
tindak tutur memberi dan meminta
informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan
dan tulis.
|
X / 1
|
sebutan,
sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public
|
Disajikan stimulus mengenai penanggalan, peserta didik menjawab pertanyaan yang
disajikan.
|
Essai
|
C4
Penalaran
|
2
|
|||
3
|
3.1. Mengidentifkasi
sebutan,
sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public dalam
tindak tutur memberi dan meminta
informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan
dan tulis.
|
X / 1
|
sebutan,
sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public
|
Disajikan
5 buah kalimat acak, peserta didik diminta untuk mengurutkan, sehingga menjadi
sebuah paragraf yang tepat dan sesuai.
|
Uraian
|
C4
Penalaran
|
3
|
|||
4
|
4.1. Mengidentifkasi sebutan,
sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public dalam
tindak tutur memberi dan meminta
informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan
dan tulis.
|
X / 1
|
sebutan,
sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public
|
Disajikan
beberapa kata acak, peserta didik diminta untuk mengurutkan menjadi sebuah
kalimat yang tepat sesuai struktur kebahasaan.
|
Uraian
|
C4
Penalaran
|
4
|
|||
5
|
5.1. Mengidentifkasi sebutan,
sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public dalam
tindak tutur memberi dan meminta
informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan
dan tulis.
|
X / 1
|
sebutan,
sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public
|
Disajikan
beberapa kata acak, peserta didik diminta untuk mengurutkan menjadi sebuah
kalimat yang tepat sesuai struktur kebahasaan.
|
Uraian
|
C4
Penalaran
|
5
|
|||
6
|
6.1. Mengidentifkasi
sebutan,
sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public dalam
tindak tutur memberi dan meminta
informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan
dan tulis.
|
X / 2
|
sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda,
binatang dan bangunan public
|
Disajikan
sebuah gambar mengenai kegiatan sehari-hari, peserta didik diminta untuk
menceritakan gambar tersebut dalam bentuk hanzi.
|
Uraian
|
C4
Penalaran
|
6
|
|||
KARTU
SOAL
TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
Nama Sekolah : SMA
Nama Penulis Soal :
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Mandarin
Kelas :
Kurikulum : Kurikulum 2013
Kompetensi Dasar
1.1. Mengidentifkasi sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda,
binatang dan bangunan public dalam tindak tutur memberi dan meminta
informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan
dan tulis.
|
Buku Acuan/Referensi:
|
|
|
|
||||||
Materi
Sebutan, sifat/kondisi,
jumlah orang, binatang, bangunan publik
|
|
|
Butir Soal
|
|
||||||
Indikator Soal
Disajikan
gambar dan stimulus mengenai nama hewan dalam bahasa Mandarin.
|
|
星期天我们一家人一起去看很多动物。
我们在哪里看很多动物?(动物园)
|
KARTU
SOAL
TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
Nama Sekolah : SMA
Nama Penulis Soal :
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Mandarin
Kelas :
Kurikulum : Kurikulum 2013
Kompetensi Dasar
2.1. Mengidentifkasi
nama binatang, penggunaan kata bantu bilangan
dan bangunan public dalam tindak tutur
memberi dan meminta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks
interaksi transaksional lisan dan tulis
|
Buku Acuan/Referensi:
|
|
|
|
||||||
Materi
Nama
hewan, penggunaan kata bantu bilangan, bangunan public
|
|
Pertanyaan:
他们最想看什么动物?
|
Butir Soal
|
|
||||||
Indikator Soal
Disajikan
gambar dan stimulus mengenai nama hewan dalam bahasa mandarin peserta didik
menjawab pertanyaan yang disajikan.
|
|
爱丽和大卫最想看大熊猫。
|
KARTU SOAL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Nama Sekolah :
Nama Penulis Soal :
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Mandarin
Kelas :
Kurikulum : Kurikulum 2013
Kompetensi Dasar
3.1. Mengidentifkasi
sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda,
binatang dan bangunan publicdalam tindak tutur memberi dan
meminta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional
lisan dan tulis.
|
Buku Acuan/Referensi:
|
|
|
|
||||||
Materi: mengenal hewan
|
|
|
Butir Soal
|
|
||||||
Indikator Soal
Disajikan 5 buah
dalam bentuk kalimat acak
|
|
Susunlah
beberapa kalimat diatas menjadi sebuah paragraf yang benar!
我猫一只小有
我有一只小猫
|
KARTU
SOAL
TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
Nama Sekolah : SMA
Nama Penulis Soal :
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Mandarin
Kelas :
Curriculum : Curriculum 2013
Kompetensi Dasar
4.1. Mengidentifkasi
sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda,
binatang dan bangunan public dalam tindak tutur memberi
dan meminta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi
transaksional lisan dan tulis.
|
Buku Acuan/Referensi:
|
|
|
|
||||||
Materi
sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda,
binatang dan bangunan public
|
|
|
Butir Soal
|
|
||||||
Indikator Soal
Disajikan beberapa
kata acak, peserta didik diminta untuk mengurutkan menjadi sebuah kalimat
yang tepat sesuai struktur kebahasaan.
|
|
我们-熊猫-看-动物园-去
Susunlah kalimat diatas menjadi
kalimat yang tepat !
我们去动物园看熊猫
|
KARTU
SOAL
TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
Nama Sekolah : SMA
Nama
Penulis Soal :
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Mandarin
Kelas :
Curriculum : Curriculum 2013
Kompetensi Dasar
5.1. Memproduksi
tindak tutur berupa teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan
publicdengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai dengan konteks.
|
Buku Acuan/Referensi:
|
|
|
|
||||||
Materi
Nama hari,
tanggal, bulan, tahun, jam, waktu
|
|
|
Butir Soal
|
|
||||||
Indikator Soal
Disajikan sebuah
gambar mengenai kegiatan sehari-hari, peserta didik diminta untuk
menceritakan gambar tersebut dalam bentuk hanzi.
|
|
Buatlah
cerita berdasarkan gambar berikut!
……………………………………………………
………………………………………..…………
………………………………..…………………
…………………………………..………………
…………………………………..………………
|
PEDOMAN PENSKORAN
1.
Tes Uraian
(No. 1 – 4)
No.
|
Jawaban
|
Bobot
|
Skor
|
1.
2.
3.
4
5.
|
Peserta didik
menjawab benar
Peserta didik menjawab salah
Peserta didik menjawab benar
Peserta didik menjawab salah
Peserta didik menjawab benar
Peserta didik menjawab salah
Peserta didik menjawab benar
Peserta didik menjawab salah
Peserta didik menjawab benar
Peserta didik menjawab salah
|
2
0
2
0
2
0
2
0
2
0
|
2
0
2
0
2
0
2
0
2
0
|
Skor
No.
1 Nilai maksimal 2
No.
2 Nilai maksimal 2
No.
3 Nilai maksimal 2
No.
4 Nilai maksimal 2
No.
5 Nilai Maksimal 2
Jumlah 10
Skor
yang diperoleh
Nilai = x 100
10
2.
Tes Praktik
Kriteria
|
Skor
|
Skor
Maksimal
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Pelafalan
|
Pelafalan yang sangat buruk sehingga tidak
dapat dipahami.
|
Banyak pelafalan yang kurang baik sehingga
sulit untuk dipahami.
|
Pelafalan cukup baik, namun terkadang ada yang
menyebabkan salah pendengaran
|
Pelafalan dapat dipahami walaupun dengan aksen
yang berbeda
|
4
|
Kosa Kata
|
Menggunakan kosa kata yang sangat terbatas
sehingga percakapan tidak dapat dipahami
|
Menggunakan kosa kata yang terbatas sehingga sulit dipahami
|
Percakapan sedikit terhambat karena
ketidaksesuaian pilihan kata
|
Menggunakan kosa kata yang kadang-kadang
kurang tepat tetapi tidak mengubah
makna
|
4
|
Kelancaran
|
Berbicara terbata-bata dan terputus-putus
sehingga tidak dapat dipahami
|
Berbicara ragu-ragu dan terka dang terhenti
karena kesulitan linguistic
|
Berbicara sedikit lancar
karena ada sedikit kesulitan linguistik
|
Berbicara cukup lancar
|
4
|
Jumlah Skor
|
12
|
Tes
Uraian:
SOAL:
Pilihlah
gambar dan Tarik garis yang sesuai dengan hurup hanzinya!
|
老虎
好看老虎kmm
|
大象
|
-
一起
-
动物园
-
熊猫
Perhatikan
tulisan pinyin dan tulislah kedalam hanzi beserta artinya!
- Dòngwù : ___________________
- Dàxiǎo :__________________
- kě'ài :___________________
- shàngke:____________________
- gè :___________________
Urutkan sesuai
dengan kalimat yang benar!
- 我 猫 一只 小 有
_________________ _______ ______
- 我们 熊猫 看 动物园去
_____________________ _ ____________
- 明天不 上课 也
_______________________ ___ _________
- 我人有五口家
_____________________ _ _______
- 你书有吗汉语
________________ ___ ______
` TES MENULIS :
- buatlah sebuah cerita berdasarkan gambar berikut !
|
Komentar
Posting Komentar
Tidak menerima jika berkaitan dengan SARA, kekerasan, dan semua hal yang melanggar norma, agama dan HAM.