RPP





 Nama Satuan Pendidikan   :    SMA 
Mata Pelajaran                    :    Bahasa dan Sastra Mandarin
Kelas / Semester                  :    /Ganjil
Materi Pokok                       :    Sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang, bangunan publik
Alokasi Waktu                     :    4 x 3 JP


A.       Kompetensi Inti

KI 1: Menyadari dirinya sebagai mahluk ciptaan yang Maha Kuasa serta menjalankan kewajibannya sesuai dengan agama yang dianutnya.

KI 2: Memiliki sikap jujur, disiplin, kerjasama, responsif, dan proaktif dalam mencari solusi permasalahan.

Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar

Pengetahuan
Keterampilan


KI3:    
Memahami, mene-rapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
                                          

KI4:    
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.


KD 3.4
Mendeskripsikan sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan publik serta informasi terkait dengan kondisi di sekitar kehidupan peserta didik sehari-hari dalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai dengan konteks pengguna-annya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
KD 4.4
Memproduksi teks interaksi transaksional lisan dan tulis terkait tindakan  memberi dan meminta informasi tentang sebutan,sifat/kondisi dan jumlah orang, benda, binatang danbangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehari-hari, dengan memperhatikanfungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks

IPK 3.4
3.4.1Mengenali  sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan publik 
3.4.2Mengidentifikasi   sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan publik.
3.4.3Menggunakansebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan publik.
3.4.4Membedakan sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan publik.

IPK 4.3
4.4.1Memproduksi dialog sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan publik 
4.4.2Memdramatisasikan dialog  mengenai kegiatan sehari-hari yang terkait dengan sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang, dan bangunan publik



                                               

B.       Tujuan Pembelajaran

Setelah  kegiatan pembelajaran peserta didik mampu mengidentifikasisebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang, dan bangunan public dan mendemonstrasi kan tindak tutur berupa teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan  sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang, dan bangunan publicsehingga menumbuhkan sikap percaya diri, tanggung jawab, peduli, aktif, santun dan selalu  bersyukur.

C.        Materi Pembelajaran
Fungsi social: mengenalkan lingkungan sekitar kehidupan siswa
Struktur text: pembukaan, inti, penutupan
Unsur kebahasaan: kata benda, keterangan tempat, keterangan waktu, kata bantu bilangan, kata sifat.
Topik: hewan yang ada di kebun binatang.

D.       Metode Pembelajaran

Presentation, practice, production

E.        Media Pembelajaran

PPT, Papan Tulis/White Board, LCD, flash card, leptop

F.        Sumber Belajar
Modul
Internet
Video
Adaptasi HSK 1 (教程,练习) halaman

G.       Langkah-langkah Pembelajaran
PPK
 
Pertemuan Pertama
Pendahuluan (10 Menit)
§   Guru memimpin siswa untuk berdoa Sebelum memulai pembelajaran
§   Ketua kelas menyiapkan kelas dan memberikan salam kepada guru
§   Guru menjawab salam peserta didik selamat pagi semua, 大家早上好
§   Guru menanyakan keadaan peserta didik dan menanyakan peserta didik yang tidak hadir “今天有谁没来上课?
§   Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang keadaaan dan kehadiran
§   Peserta didik mengamati PPT yang ditayangkan sebagai review pembelajaran
§   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Literasi
 


Kegiatan Inti (70 Menit)
§   Guru memberikan video tentang pengenalan hewan.
§   Guru memberikan waktu kepada siswa untuk berdiskusi dan mengamati hewan yang ada didalam video.
§   Guru bertanya nama hewan-hewan dalam Bahasa mandarin.
§   Guru memberikan kosa kata baru  materi tentang hewan.
§   Peserta didik mengamati kosakata yang terdapat pada modul / PPT yang disajikan
§   Peserta didik membaca kosakata
§   Guru membimbing membaca kosakata sekaligus menjelaskan artinya.
§   Guru membimbing peserta didik dalam membuat frasa dan kalimat berdasarkan kosakata
§   Peserta didik berlatih membuat frasa dan kalimat  berdasarkan kosakata
§   Peserta didik mengamati dialog yang diberikan oleh guru
Literasi
 



§   Peserta didik membaca dialog
§   Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya terkait wacana
Collaboration
 



§   Berlatih dialog materi tentang hewan dengan 2 rekan dan bertanya dengan guru seandainya ada yang belum dipahami.
Creativity
 




§   Menggunakan Bahasa sendiri dan berconversation dengan teman sebangku sesuai dengan materi tentang hewan atau yang terkait dengan dialog yang telah diberikan oleh guru membimbing.



Communication
 



§   Mempresentasikan nama hewan dalam bahasa mandarin dan menjelaskan keunikan hewan yang terdapat dalam video.
§   Guru melakukan penilaian
§   Membuka ruang tanya jawab dari hasil presentasi
Critical Thinking
 



§   Membuat Kesimpulan bersama berkaitan dengan materi yang dipelajari


Penutup (10 Menit)
§   Guru dan peserta didik menyimpulkan pembelajaran
§   Guru memberikan tugas menghafal Hanzi
§   Guru memberi tugas menulis sambung aksara mandarin
§   Ketua kelas memimpin salam kepada guru
§   Guru menjawab salam peserta didik
B.     Penilaian Hasil Pembelajaran

1.       Teknik Penilaian
1)      Penilaian Sikap             :    Observasi/pengamatan
2)      Penilaian Pengetahuan     :          Tes Tertulis
3)      Penilaian Keterampilan     :          Proyek (membuat komik)

2.       Bentuk Instrumen (terlampir)

3.       Remedial
-     Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
-     Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
-     Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali ters remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

4.       Pengayaan
-   Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
Ø  Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
Ø  Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.






















INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL


Nama Satuan pendidikan    :           
Tahun pelajaran               :    2017/2018
Kelas/Semester                 :    X/Ganjil
Mata Pelajaran                 :    Bahasa dan Sastra Mandarin

No
Nama
Mengucap
Syukur
Berdoa
Meyakini
Predikat
Deskripsi dalam Rapor
SB
PB
SB
PB
SB
PB
1









2









3









4









5




























INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL


Nama Satuan pendidikan    :
Tahun pelajaran               :    2017/2018
Kelas/Semester                 :    X/Ganjil
Mata Pelajaran                 :    Bahasa dan Sastra Mandarin

Nama  Siswa
Disiplin
Jujur
Bertanggung jawab
Tekun
Bekerjasama
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
b
c
d
e
a
B
c
d
e
a
b
c
D
e


1. ......



























2. ......



























3. ......



























4. ......



























5. ......
























































Keterangan :
            a = sangat baik                                  c = cukup baik                        e = sangat kurang
            b = baik                                              d = kurang baik


INSTRUMEN PENUGASAN
Satuan Pendidikan      :
Mata Pelajaran            :       Bahasa dan Sastra Mandarin
Kelas / Semester         :       X / Ganjil

Contoh Pedoman Penskoran:

FORMAT PENILAIAN BERDIALOG
No.
NamaPeserta Didik
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Rata-rata
Pelafalan
Ton
Kelancaran
Ekspresi
Tepat
Kurang Tepat
Tidak Tepat
Tepat
Kurang Tepat
Tidak Tepat
Tepat
Kurang Tepat
Tidak Tepat
Rapi
Kurang Rapi
Tidak Rapi
5
4
3
5
4
3
5
4
3
5
4
3
1.















2.















3.















dst
















Aspek penilaian  :    Pelafalan            Ton      Kelancaran     Ekspresi
Skor Maksimal    :    5             5          5                      5
Jumlah                :    5 x 4 = 20
Nilai                     :    Skor yang diperoleh      x 100
                                                2

SOAL:
Buatlah diaolog mengenai kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public.




Surabaya, Maret 2017
Mengetahui,
Kepala                                                                                                                                                  Guru Bahasa Mandarin

……………………………………………….                                                                                                                                                         ……………………………………………….
NIP.                                                                                                                                                      NIP.

INSTRUMEN TES TERTULIS


Satuan Pendidikan   :   
Mata Pelajaran          :    Bahasa dan Sastra Mandarin
Kelas / Semester      :    X/Ganjil

1)      Tes Uraian
Pedoman penskoran
No
Jawaban
Bobot
Skor

1.


2.


3.


4


5.

Peserta didik menjawab benar               
Peserta didik menjawab salah

Peserta didik menjawab benar
Peserta didik menjawab salah

Peserta didik menjawab benar
Peserta didik menjawab salah

Peserta didik menjawab benar
Peserta didik menjawab salah

Peserta didik menjawab benar
Peserta didik menjawab salah

2
0

2
0

2
0

2
0

2
0

2
0

2
0

2
0

2
0

2
0

Skor
No. 1   Nilai maksimal   2
No. 2   Nilai maksimal   2
No. 3   Nilai maksimal   2
No. 4   Nilai maksimal   2
No. 5   Nilai maksimal   2


Jumlah                         10

                     Skor yang diperoleh
Nilai =                                                    x 100
                             10

Materi:
Pengenalan nama hewan dalam Bahasa mandarin
(shēng)() kosakata

1.       动物园                 dòngwùyuán                     kebun binatang
2.       熊猫                      xióngmāo                            panda
3.       一起                      yìqǐ                                         bersama-sama
4.                                  duō                                        banyak
5.       可爱                      kě’ài                                      lucu
6.                                  zhī                                          satuan untuk binatang
7.       国外                      guó wài                                                keluar negeri
8.       上课                      shàngkè                               masuk kelas
9.       大象                      dàxiàng                                                gajah
10.   老虎                      lăohŭ                                     harimau
11.   黑猩猩                 xiăoxīngxīng                       gorila    
12.   长颈鹿                 chángjĭnglù                         jerapah
13.   出发                      chūfā                                     berangkat

SOAL:
Pilihlah gambar dan Tarik garis yang sesuai dengan hurup hanzinya!
  1.                                                                                               起床
  2.                                                                          老虎
  3.                                                                         熊猫
  4.                                                                         一起

  1.                                                                                         动物园

                                               
  1.                                                                           大象


Perhatikan  pinyin dan tulislah dengan hanzi beserta artinya!

  1. Dòngwù _______________   :   _____________
  2. dàxiǎo _________________   :      ___________
  3. kě'ài ___________________:      ____________
  4. shàngke________________:        ____________
  5. _____________________:      ____________
Urutkan sesuai dengan kalimat yang benar!

  1. 我猫一只小有
­­­­­­­­­­­­­­___________________________________________
  1. 我们      熊猫                 动物园
___________________________________________
  1. 明天不 上课     
___________________________________________
  1. 我人有五口家
___________________________________________
  1.                                             汉语
___________________________________________
                                                                                                

2)      Tes Menulis
FORMAT PENILAIAN MEMBUAT CERITA KEGIATAN SEHARI-HARI

No
Nama
Peserta Didik
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Rata-rata
Kosakata
Struktur
Kerunutan
Kerapihan
Tepat
Kurang Tepat
Tidak Tepat
Tepat
Kurang Tepat
Tidak Tepat
Tepat
Kurang Tepat
Tidak Tepat
Rapi
Kurang Rapi
Tidak Rapi
5
4
3
5
4
3
5
4
3
5
4
3
1.















2.















3.















4.















5.















dst

















Aspek penilaian :    Kosakata  struktur                       Kerunutan      Kerapihan
Skor Maksimal    :           5                         5                                     5                      5
Jumlah                :    5 x 4 = 20
Nilai                     :    Skor yang diperoleh      x 100
                                             20






Materi:
Dialog materi tentang Hewan dalam Bahasa mandarin

课文二                去动物园
A:我想去看熊猫。
B:这个星期五我们一起去动物园吧。
A:你不上课吗?
B:我们班的汉语老师去国外了,所以我们也不上课啊。
A:那好的,我们去哪里的动物园呢?
B:我们去巴厘动物园吧。
A:那里有很多熊猫吗?
B: 我的朋友说有几只,有小的,有大的,都很可爱。
A:有没有别的动物?
B: 有很多呀、有大象、老虎、小星星、长颈鹿等等。
A:那好的,我们几点出发?
B:早上七点在门口见面。
                                   
SOAL:
Buatlah sebuah cerita berdasarkan gambar berikut
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………


Surabaya, Maret 2017
Mengetahui,
Kepala                                                                                                                                             Guru Bahasa Mandarin



…………………………………………….                                                                                                                                                             ……………………………………………….
NIP. 196108181990011001                                                                                                     NIP.
INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK


Satuan Pendidikan      :      
Mata Pelajaran            :       Bahasa dan Sastra Mandarin
Kelas / Semester         :        / Ganjil

Contoh Pedoman Penskoran:
FORMAT PENILAIAN MEMBUAT KOMIK KEGIATAN SEHARI-HARI
No
Nama
Peserta Didik
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Rata-rata
Struktur
Kerunutan
Kerapihan
Kreatifitas
Tepat
Kurang Tepat
Tidak Tepat
Tepat
Kurang Tepat
Tidak Tepat
Tepat
Kurang Tepat
Tidak Tepat
Sangat
Sedang
kurang



5
4
3
5
4
3
5
4
3
5
4
3

1.
















2.
















3.
















4.
















5.
















dst

















Aspek penilaian    :    Struktur           Kerunutan      Kerapihan       Kreatifitas
Skor Maksimal       :    5                       5                      5                      5
Jumlah                   :    5 x 4 = 20
Nilai                       :    Skor yang diperoleh      x 100
                                                            20

Soal:

Berdialog  sederhana menceritakan tentang kegiatan sehari–hari yang berkaitan dengan  sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public!








Surabaya, Maret 2016
Mengetahui,
KepalaSMA                                                                                                                                           Guru Bahasa Mandarin
           




…………………………………………….                                                                                                                                                             ………………………………………
NIP.                                                                                                                                                      NIP.



KISI-KISI SOAL


Jenis Sekolah
Mata Pelajaran
Kurikulum
Alokasi waktu
Tahun Pelajaran
:   SMA / SMK / MA/ MA’ ARIF
:   Bahasa dan Sastra Mandarin
:   Kurikulum 2013
:   90Menit
:   2016/2017


No.
Kompetensi Dasar
Bahan Kls/ Semester
Konten/Materi
Indikator Soal
Bentuk
Soal

Level Kognitif

No. Soal
1
1.1.     Mengidentifkasi sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public dalam tindak tutur  memberi dan meminta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
X / 1
sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public
Disajikan gambar dan stimulus mengenai penanggalan,  peserta didik menjawab pertanyaan yang disajikan.


Essai
C4
Penalaran
1
2
2.1.     Mengidentifkasi sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public dalam tindak tutur  memberi dan meminta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
X / 1
sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public
Disajikan stimulus mengenai penanggalan,  peserta didik menjawab pertanyaan yang disajikan.
Essai
C4
Penalaran
2
3
3.1.     Mengidentifkasi sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public dalam tindak tutur  memberi dan meminta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
X / 1
sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public
Disajikan 5 buah kalimat acak, peserta didik diminta untuk mengurutkan, sehingga menjadi sebuah paragraf  yang tepat dan sesuai.
Uraian

C4
Penalaran
3
4
4.1.   Mengidentifkasi sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public dalam tindak tutur  memberi dan meminta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
X / 1
sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public
Disajikan beberapa kata acak, peserta didik diminta untuk mengurutkan menjadi sebuah kalimat yang tepat sesuai struktur kebahasaan.
Uraian
C4
Penalaran
          4
   5
5.1.   Mengidentifkasi sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public dalam tindak tutur  memberi dan meminta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
X / 1
sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public
Disajikan beberapa kata acak, peserta didik diminta untuk mengurutkan menjadi sebuah kalimat yang tepat sesuai struktur kebahasaan.
Uraian
C4
Penalaran
           5
6

6.1.   Mengidentifkasi sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public dalam tindak tutur  memberi dan meminta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
X / 2
sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public
Disajikan sebuah gambar mengenai kegiatan sehari-hari, peserta didik diminta untuk menceritakan gambar tersebut dalam bentuk hanzi.
Uraian

C4
Penalaran
6














KARTU SOAL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Nama Sekolah                     :     SMA
Nama Penulis Soal            :    
Mata Pelajaran                   :     Bahasa dan Sastra Mandarin
Kelas                                       :    
Kurikulum                            :     Kurikulum 2013

Kompetensi Dasar
1.1.   Mengidentifkasi sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public dalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
Buku Acuan/Referensi:




Pengetahuan/Pemahaman

Aplikasi

Penalaran
Materi
Sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, binatang, bangunan publik

No. Soal
1
Butir Soal

Indikator Soal
Disajikan gambar dan stimulus mengenai nama hewan dalam bahasa Mandarin.

Kunci Jawaban




星期天我们一家人一起去看很多动物。
我们在哪里看很多动物?(动物园)

KARTU SOAL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017 
Nama Sekolah                     :     SMA
Nama Penulis Soal            :    
Mata Pelajaran                   :     Bahasa dan Sastra Mandarin
Kelas                                       :    
Kurikulum                            :     Kurikulum 2013

Kompetensi Dasar
2.1.   Mengidentifkasi nama binatang, penggunaan kata bantu bilangan  dan bangunan public dalam tindak tutur  memberi dan meminta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis
Buku Acuan/Referensi:




Pengetahuan/Pemahaman

Aplikasi

Penalaran
Materi
Nama hewan, penggunaan kata bantu bilangan, bangunan public
Kunci Jawaban
No. Soal
2

Pertanyaan:
他们最想看什么动物?


Butir Soal

Indikator Soal
Disajikan gambar dan stimulus mengenai nama hewan dalam bahasa mandarin peserta didik menjawab pertanyaan yang disajikan.



爱丽和大卫最想看大熊猫。




KARTU SOAL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Nama Sekolah                     :    
Nama Penulis Soal            :    
Mata Pelajaran                   :     Bahasa dan Sastra Mandarin
Kelas                                       :    
Kurikulum                            :     Kurikulum 2013

Kompetensi Dasar
3.1.   Mengidentifkasi sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan publicdalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
Buku Acuan/Referensi:




Pengetahuan/Pemahaman

Aplikasi

Penalaran
Materi: mengenal hewan
No. Soal
3

Butir Soal

Indikator Soal
Disajikan 5 buah dalam bentuk kalimat   acak


Kunci Jawaban
 

Susunlah beberapa kalimat diatas menjadi sebuah paragraf yang benar!
我猫一只小有


我有一只小猫



KARTU SOAL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Nama Sekolah                     :     SMA
Nama Penulis Soal            :
Mata Pelajaran                   :     Bahasa dan Sastra Mandarin
Kelas                                       :    
Curriculum                          :     Curriculum 2013

Kompetensi Dasar
4.1.   Mengidentifkasi sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public dalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
Buku Acuan/Referensi:




Pengetahuan/Pemahaman

Aplikasi

Penalaran
Materi
sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan public
No. Soal
4

Butir Soal

Indikator Soal
Disajikan beberapa kata acak, peserta didik diminta untuk mengurutkan menjadi sebuah kalimat yang tepat sesuai struktur kebahasaan.

Kunci Jawaban

 



我们-熊猫-看-动物园-去
Susunlah kalimat diatas menjadi kalimat yang tepat !


我们去动物园看熊猫



KARTU SOAL
TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Nama Sekolah                     :     SMA
Nama Penulis Soal            :   
Mata Pelajaran                   :     Bahasa dan Sastra Mandarin
Kelas                                       :    
Curriculum                          :     Curriculum 2013

Kompetensi Dasar
5.1.   Memproduksi tindak tutur berupa teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait sebutan, sifat/kondisi, jumlah orang, benda, binatang dan bangunan publicdengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.
Buku Acuan/Referensi:




Pengetahuan/Pemahaman

Aplikasi

Penalaran
Materi
Nama hari, tanggal, bulan, tahun, jam, waktu

No. Soal
6

Butir Soal

Indikator Soal
Disajikan sebuah gambar mengenai kegiatan sehari-hari, peserta didik diminta untuk menceritakan gambar tersebut dalam bentuk hanzi.


Kunci Jawaban



Buatlah cerita berdasarkan gambar berikut!
            ……………………………………………………
            ………………………………………..…………
            ………………………………..…………………
            …………………………………..………………
            …………………………………..………………



PEDOMAN PENSKORAN

1.         Tes Uraian   (No. 1 – 4)

No.
Jawaban
Bobot
Skor
1.


2.


3.


4


5.

Peserta didik menjawab benar
Peserta didik menjawab salah

Peserta didik menjawab benar
Peserta didik menjawab salah

Peserta didik menjawab benar
Peserta didik menjawab salah

Peserta didik menjawab benar
Peserta didik menjawab salah

Peserta didik menjawab benar
Peserta didik menjawab salah
2
0

2
0

2
0

2
0

2
0
2
0

2
0

2
0

2
0

2
0

Skor
No. 1   Nilai maksimal   2
No. 2   Nilai maksimal   2
No. 3   Nilai maksimal   2
No. 4   Nilai maksimal   2
No. 5   Nilai Maksimal   2
    
Jumlah                              10

Skor yang diperoleh
Nilai =                                                    x   100
      10


2.         Tes Praktik

Kriteria
Skor
Skor
Maksimal
1
2
3
4
Pelafalan
Pelafalan yang sangat buruk sehingga tidak dapat dipahami.
Banyak pelafalan yang kurang baik sehingga sulit untuk dipahami.
Pelafalan cukup baik, namun terkadang ada yang menyebabkan salah pendengaran
Pelafalan dapat dipahami walaupun dengan aksen yang berbeda
4
Kosa Kata
Menggunakan kosa kata yang sangat terbatas sehingga percakapan tidak dapat dipahami
Menggunakan kosa kata yang  terbatas sehingga sulit dipahami
Percakapan sedikit terhambat karena ketidaksesuaian pilihan kata
Menggunakan kosa kata yang kadang-kadang kurang tepat tetapi  tidak mengubah makna
4
Kelancaran
Berbicara terbata-bata dan terputus-putus sehingga tidak dapat dipahami
Berbicara ragu-ragu dan terka dang terhenti karena kesulitan linguistic
Berbicara sedikit lancar karena ada sedikit kesulitan linguistik
Berbicara cukup lancar
4
                                                                                        Jumlah Skor
12




Tes Uraian:
SOAL:
Pilihlah gambar dan Tarik garis yang sesuai dengan hurup hanzinya!
 

  1.                                                                                                                
老虎
好看老虎kmm
 





  1.                                                                                                                
大象

 







  1.                                                                                                
    一起








  1.                                                                                                                
    动物园






                                                                                                                                               

  1.                                                                                                                
    熊猫







Perhatikan tulisan pinyin dan tulislah kedalam hanzi beserta artinya!

  1. Dòngwù : ___________________                                                                        
  2. Dàxiǎo    :__________________                                                                            
  3. kě'ài       :___________________                                                                           
  4. shàngke:____________________                                                                       
  5.            :___________________                                                                           

Urutkan sesuai dengan kalimat yang benar!

  1.                       一只                
_________________                   _______                                                                             ______
  1. 我们      熊猫                 动物园去
_____________________        _                                                                             ____________
  1. 明天不 上课     
_______________________   ___                                                                        _________
  1. 我人有五口家
_____________________        _             _______                                                                            
  1. 你书有吗汉语
________________                     ___                                                                                        ______

`               TES  MENULIS :
  1. buatlah sebuah cerita berdasarkan gambar berikut  !
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lianxi

Mencoba mencari metode pengajaran

[诗歌] The School Boy 小读书郎